Komite Pembelajaran Program Sekolah Penggerak Mengikuti Lokakarya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 Kabupaten Purwakarta
Lokakarya Komite Pembelajaran merupakan salah satu kegiatan penting dalam Program Sekolah Penggerak. Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak yang terkait dengan proses pembelajaran di sekolah, seperti kepala sekolah, guru, dan anggota komite sekolah. Tujuan utama lokakarya ini adalah untuk:
- Meningkatkan pemahaman: Memastikan semua pihak memiliki pemahaman yang sama tentang konsep-konsep kunci dalam Program Sekolah Penggerak, seperti Kurikulum Merdeka, pembelajaran berbasis proyek, dan asesmen yang bermakna.
- Membangun kolaborasi: Memfasilitasi terjadinya kolaborasi yang efektif antara kepala sekolah, guru, dan komite sekolah dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berkualitas.
- Mengembangkan kompetensi: Memberikan pelatihan dan pengembangan kepada peserta lokakarya agar mereka memiliki kompetensi yang diperlukan untuk mendukung implementasi Program Sekolah Penggerak.
- Memecahkan masalah: Membuka ruang bagi peserta untuk berbagi pengalaman, berdiskusi, dan mencari solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi dalam implementasi program
Lokakarya Komite Pembelajaran Sekolah Penggerak dengan tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan wadah bagi para pendidik, khususnya komite pembelajaran di sekolah penggerak, untuk mendalami dan mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) secara efektif.
Tujuan utama dari lokakarya ini adalah untuk:
-
Menguatkan Pemahaman Konsep P5:
- Memastikan semua peserta memiliki pemahaman yang mendalam dan komprehensif mengenai konsep P5, termasuk tujuan, karakteristik, dan tahapan pelaksanaannya.
- Menjelaskan kaitan P5 dengan Kurikulum Merdeka dan tujuan pembelajaran abad 21.
-
Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Merancang dan Melaksanakan P5:
- Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru dalam merancang projek P5 yang bermakna, relevan dengan konteks siswa, dan mampu mengembangkan seluruh aspek profil pelajar Pancasila.
- Membekali guru dengan berbagai strategi pembelajaran aktif dan inovatif yang dapat diterapkan dalam P5.
-
Memfasilitasi Kolaborasi antar Pemangku Kepentingan:
- Membangun sinergi yang kuat antara guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan pihak terkait lainnya dalam mendukung pelaksanaan P5.
- Membentuk tim kerja yang solid untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi P5.
-
Mengembangkan Asesmen yang Otentik dan Bermakna:
- Memandu peserta dalam merancang instrumen asesmen yang dapat mengukur perkembangan profil pelajar Pancasila secara komprehensif.
- Membantu peserta memahami pentingnya asesmen formatif dalam memberikan umpan balik yang konstruktif bagi siswa.
-
Memecahkan Masalah dan Menemukan Solusi:
- Memberikan ruang bagi peserta untuk berbagi pengalaman, tantangan, dan solusi terkait pelaksanaan P5 di sekolah.
- Memfasilitasi diskusi kelompok untuk menemukan solusi yang inovatif atas permasalahan yang dihadapi.
0 Response to "Komite Pembelajaran Program Sekolah Penggerak Mengikuti Lokakarya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 Kabupaten Purwakarta"
Post a Comment